Akar dan Makna Perubahan

perubahan adalah sebuah kata yang abadi didunia ini.

ada ungkapan yang mengatakan ” segala sesuatu di dunia ini pasti berubah kecuali perubahan itu sendiri “. yang lain mengatakan ” tidak semua perubahan menghasilkan perbaikan, tapi tidak ada perbaikan tanpa perubahan “.

namun perubahan itu bukan sesuatu yang sangat sederhana, ia sangat sulit diwujudkan, banyak hambatannya. salah satunya, karena perubahan tersebut perlu kesungguhan. sering kali kita gagal berubah karena kemauan kita yang lemah, kalopun kemauan itu ada, tapi ia tidak bertahan lama ketika didera kesulitan dan hambatan.kemauan yang kita miliki cepat patah oleh hantaman masalah yang memang tak henti mendera kita.

apalagi kondisi umat kini yang sangat memprihatinkan dengan berbagai persoalan yang menggelayutnya. mulai dari kebodohan, kemiskinan, ketertinggalan dibidang iptek, kemerosotan akhlak dan degradasi moral.

lantas dari mana kita mulai, agar perubahan berjalan tepat dan efektif ? jawabannya, kita harus mulai dari individu. karena individu ialah pondasi sekaligus batu pertama dalam bangunan masyarakat. Rasul SAW telah mencontohkan pada kita, masyarakat awal islam yang memiliki peradaban kokoh dan mulia dibangun melalui perbaikan individu.

dalam kaitan ini, beberapa hal berikut perlu mendapat perhatian yang serius dalam mengupayakan perubahan individu sebagai basis bagi perubahan masyarakat kerarah lebih baik.

  • membangun pemahaman dan kesadaran berfikir yang benar
  • mulai dari pembinaan iman. upaya penanaman aqidah yang benar akan melahirkan lurusnya pandangan manusia terhadap dunia, manusia, kehidupan dan penciptanya. aqidahlah yang mengenalkan lepada manusia mengenai prinsif, perjalanan dan tujuan hidupnya didunia ini. aqidahlah yang dapat menjawab pembagian pertanyaan yang sangat membingungkan bagi orang yang tidak beriman

siapa saya? darimana saya berasal? akan kemanakah perjalanan hidup saya? mengapa saya ada di dunia ini? apakah arti hidup dan mati? apa yang terjadi sebelum adanya kehidupan? dan apakah yang terjadi setelah kematian? apakah fungsi saya diatas planet ini sejak saya masih di alam ruh hingga saya meninggal dunia

  • melakukan perubahan yang menyeluruh dan seimbang.

itulah tiga langkah yang mesti jadi dasar atau akar bagi kita atau setiap orang yang ingin melakukan perbaikan dalam hidup, jika ketiga langkah tersebut mampu kita telaah dan kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari insyaAlloh perubahan hidup yang kita jalani akan membuahkan hasil dan kita akan istiqomah didalamnya aamiin..

Ditulis dalam karyaku. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: